Tiket Kedua ?

Seperti biasa, hari Minggu ini harus kembali lagi ke Depok dengan kereta melalui stasiun Juanda.

Dengan uang lima puluh ribu yang baru saja diberikan orang tua tercinta, saya membeli tiket Ekonomi AC menuju Bogor. Tujuannya sekalian untuk mendapat pecahan kecil. Sang penjual tiket memberikan tiket yang saya perlukan beserta kembaliannya. Tunggu dulu..mengapa hanya ada tiga helai sepuluh ribu? (Harga tiket Ekonomi AC Rp.5.500,00. Do the math) Apakah saya akan ditipu lagi? (Ya, ini bukan yang pertama) Saya melihat matanya, dan ya, memang ia menunjukkan wajah orang yang sedang berbohong.

“That’s alright! I can afford it”, pikirku. Apalah arti beberapa ribu.

Tetapi semakin banyak langkah yang saya ambil menjauh dari “crime scene”, hati saya makin sebal rasanya. Saya duduk dan menghitung ulang uang kembalian itu, mungkin saja saya salah dan melakukan tuduhan tanpa bukti. Ternyata tidak, total kembalian adalah Rp.39.000,00. Sebelas ribu!

Hati rasanya panas. Meskipun kejadian sudah lewat. Satu anak UI ini duduk dengan dongkol sambil menunggu keretanya datang, berjuang untuk mengalihkan pikirannya ke arah yang lebih baik.

“Ah, seandainya bisa mendapat another fortunate encounter dengan Mire lagi. At least mood akan lebih baik.”

Tetapi kemudian sebersit pikiran lain muncul.

“Sebelas ribu? Itu harga dua tiket Ekonomi AC. Kebetulan sekali. Apa mungkin dia memberikan saya satu tiket lagi? Haha mungkin dia melihat Tuhan beserta saya dan memberikan satu tiket lagi kepadanya untuk menemani saya di perjalanan.”

A crazy thought. But you know what?! Saya sangat terhibur dengan pikiran itu. Seperti lelucon kecil yang menimbulkan senyum kecil, dan merubah mood saya untuk hari itu.

Haha memang kadang kita perlu menjadi komedian untuk diri kita sendiri.

2 thoughts on “Tiket Kedua ?

  1. Betul mas, gara-gara baca artkelmu nih, ak juga mulai terhibur lagi. Padahal sempat aku bete banget, abis kembalian uangku juga gak jelas banget. Makanya ak marah-marah paginya, tapi benar-benar lupa, siapa yang salah melakukan kembalian?

Leave a Reply

