Laffayette

Lafayette
Image via Wikipedia

Salah satu bapak pendiri Amerika Serikat adalah George Washington yang juga merupakan presiden pertama Amerika Serikat. Ia memiliki seorang teman seperjuangan yang bernama Marie-Joseph Paul Yves Roch Gilbert du Motier, Marquis de La Fayette, atau Lafayette, seorang aristokrat dari Perancis. Mereka bersama-sama berjuang dalam perang kemerdekaan AS melawan Inggris.

Singkat cerita, perang berhasil dimenangkan dan AS akhirnya merdeka. Lafayette kemudian kembali ke Perancis, dan nanti baru pada tahun 1784 mengunjungi AS lagi. Di Perancis, ia mengadvokasikan kesetaraan hak untuk rakyat kulit hitam bebas dan penghentian perdagangan budak. Pada tahun 1783, ia berkorespondensi dengan George Washington mengenai emansipasi budak, dan memintanya menjadikan budak-budaknya sebagai petani penyewa. Meskipun Washington berkeberatan, Lafayette membeli sebidang tanah di Cayene dan menjadikannya perkebunan tempat bereksperimen dengan pendidikan dan emansipasi yang ia beri nama La Belle Gabrielle.

Adalah hal yang cukup menarik melihat bagaimana seorang aristokrat, yang lahir dari keluarga bangsawan, di negara yang masih menjunjung tinggi kebangsawanan (Perancis pada masa itu bahkan masih berbentuk Monarki Absolut), memiliki ketertarikan besar pada kebebasan dan persamaan hak. Lafayette adalah seorang pendukung monarki, hal itu terlihat dari tindakannya pada masa-masa Revolusi Perancis dan kepemimpinan Napoleon, tetapi di saat yang sama ia juga memuji-muji kemerdekaan AS, menjunjung nilai-nilai demokrasi, dan menentang keras perbudakan.

Sebuah pribadi yang menarik, seorang aristokrat yang demokratis. Dalam buku-buku sejarah yang dulu saya pelajari di SMP dan SMA, kaum bangsawan Perancis seolah-olah adalah pihak jahat dan kaum revolusionis adalah para pahlawan. Tetapi buku-buku itu tidak menceritakan pembantaian dan perampokan yang dilakukan ekstremis revolusionis, dan tidak menceritakan tentang Lafayette atau bangsawan lain yang sebenarnya “baik”.

 

Anda bisa membaca kisah lengkapnya di wikipedia, atau jika anda suka, di artikel yang lebih lucu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s