Tahukah Anda? (dari RumaMaida.com)

Berikut ini adalah beberapa info menarik yang saya dapat dari website Ruma Maida:

1 Tahun 1928, dari penduduk Indonesia yg berjumlah 60 juta jiwa, ada 4,9% penduduk menggunakan bahasa melayu, 47% penduduk menggunakan bahasa jawa, dan 14,5% penduduk menggunakan bahasa Sunda.

2
Harian Sin Po, adalah harian yang pertama kali berani memuat teks Indonesia Raya, dan turut mempelopori penggunaan nama Indonesia untuk menggantikan “Hindia-Belanda”
3
Tahukah Anda bahwa tokoh sumpah pemuda Muhammad Yamin begitu mencintai Nusantara hingga ia suka tidur di Candi Borobudur
4
Badan Warisan Sumatra (BWS) mencatat sekitar 60 persen dari 600 bangunan cagar budaya di Kota Medan mengalami kerusakan. Sebanyak 30 persen bangunan-bangunan berusia 50 tahun ke atas itu dirusak oleh pemerintah sendiri, pemilik dan developer. Selebihnya, bangunan itu tidak terawat.
5
Akar keroncong berasal dari sejenis musik Portugis yang dikenal dengan nama fado. Kemudian, di Betawi yang penduduknya sangat majemuk (Betawi, Jawa, Sunda, Maluku, Melayu, Arab, India, Cina, dll) musik tersebut dikembangkan menjadi Keroncong Tugu. Di Jawa, keroncong diadaptasi menjadi Langgam Jawa dan seterusnya berkembang menjadi Campur Sari.
6
Data Depsos menyebutkan, anak terlantar tahun 2006 sebanyak 2,15 juta anak sedangkan anak jalanan mencapai 94.000 anak.
7
Faktanya perempuan ikut mendeklarasian Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Saat itu pada organisasi umum juga divisi perempuan seperti Wanito Tomo dari Boedi Oetomo, Poetri Indonesia dari Poetra Indonesia dan Wanita Taman Siswa dari Taman Siswa. Organisasi perempuan yang berdiri di awal gerakan di antaranya adalah Putri Mardika, 1916.
8
Nama lengkap Soekarno ketika lahir adalah Kusno Sosrodihardjo. Ketika masih kecil, karena sering sakit-sakitan, menurut kebiasaan orang Jawa; oleh orang tuanya namanya diganti menjadi Soekarno.
9
Tahukah Anda bahwa lagu Juwita Malam yang dinyanyikan oleh Band Naif di film RumaMaida, di karang oleh Ismail Marzuki ?
10
Mr. Sjafruddin Prawiranegara,-Menteri Kemakmuran RI pernah menjadi Presiden RI darurat selama 7 bulan sebelum akhirnya menyerahkan kembali mandatnya kepada Presiden Soekarno pada tanggal 13 Juli 1949 di Yogyakarta
11
Negatif Film Foto Kemerdekaan sempat di sembunyikan sang fotografer di bawah pohon sehingga tidak di ambil tentara Jepang
12
Sekitar 1,000 orang tentara Kekaisaran Jepang diperkirakan melakukan desersi dan tetap tinggal di Indonesia, sebagian besar menetap di Pulau Sumatra, Jawa dan Bali, setelah Jepang menyerah kepada tentara sekutu pada 15 Agustus 1945. Setelah perang usai, beberapa dari mereka tidak pernah kembali ke Jepang.
13
Nama negara Indonesia dulu adalah Netherlands East Indies/Dutch East Indies
14
Hampir di setiap kota dan pelosok Indonesia pasti ada peninggalan bangunan-bangunan yang sudah berumur 100 hingga ratusan tahun. Tapi sayang, sebagian besar tidak terawat bahkan rusak / dihancurkan hingga tidak berbentuk dan hilang.
15
Diprakarsai oleh AR Baswedan pemuda keturunan arab di Indonesia mengadakan kongres di Semarang dan mengumandangkan Sumpah pemuda keturunan arab. Pada tanggal 4-5 Oktober 1934, para pemuda keturunan Arab di Nusantara melakukan kongres di Semarang. Dalam kongres ini mereka bersepakat untuk mengakui Indonesia sebagai tanah air mereka, karena sebelumnya kalangan keturunan Arab berangapan bahwa tanah air mereka adalah negeri-negeri Arab dan senantiasa berorientasi ke Arab. Kongres pemuda keturunan Arab ini jarang diketahui masyarakat karena tidak diajarkan dalam mata pelajaran sejarah di Indonesia. Padahal, sumpah pemuda keturunan arab ini memiliki konsekuensi yang besar bagi diri mereka sebagai keturunan arab dan bagi dukungan perjuangan kemerdekaan di Indonesia.
16
Frans Soemarto Mendoer, adalah satu-satunya fotografer saat itu yang memotret  moment paling bersejarah saat proklamasi kemerdekaan RI 1945
17
Tahukah anda bahwa sebelumnya Ayu Utami tidak pernah mau menulis skenario untuk film karena biasanya pendekatannya hanya untuk tujuan komersil. Ayu bersedia menulis karena  berhubungan dengan kebangsaan Indonesia.
18
Tahukah anda Pancasila pada awalnya terdiri dari 3 sila.
19
Lagu Indonesia Raya sebenarnya terdiri dari 3 stanza.
20
Pada bagian rantai yang mewakili sila ke 2 Pancasila dalam lambang negara, salah satu gelang pada rantai awalnya berbentuk kotak.
21
Kongres II Oktober 1928 sebenarnya hampir gagal karena tidak mencapai kesepakatan politik untuk membentuk sebuah organisasi pemuda.

22
Bhinneka tunggal ika tan hana dharma mangrwa artinya terpecah belahlah itu, tetapi satu jualah itu. Tidak ada kerancuan dalam kebenaran.
23
Sadarkah anda bahwa film ini memuat banyak sekali pesan, tentang kemanusiaan, pendidikan dan tentu saja sejarah ?

Diambil dan diedit dari: link

2 thoughts on “Tahukah Anda? (dari RumaMaida.com)

  1. Wah, thanks for sharing! dikit banget yang udah saya tau.
    Tentang poin 13, nama negara kita udah capek2 “di-Indonesiakan se-Indonesia-Indonesia-nya” oleh nenek moyang, dan udah diperpendek juga. Tapi kenapa masih juga kita suka mendek2in nama tersebut. *nerusin keluhan dari Pensil Hijau saya, hehe*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s