Finnish Moment

Finlandia mungkin bukanlah sebuah negara yang mencuat di dunia. Bukan negara dengan pengaruh kuat, suara yang vokal, atau ekonomi raksasa. Kota-kotanya pun sederhana, kita ambil contoh Helsinki, modern, tetapi tetap “rendah hati”. Hampir tidak ada mobil-mobil yang “wah!” berlalu-lalang di jalan-jalan. Rumah-rumah penduduk memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda, ukuran rata-rata, warna yang sama, dan tidak ada yang benar-benar menarik perhatian. Bila dibandingkan dengan New York atau kota-kota besar di Amerika, tentu Helsinki bisa dibilang “kurang modern”. Kemewahan sangat sulit ditemukan di Finlandia.

Kota-kota itu seperti menggambarkan pribadi orang-orang Finlandia: sederhana. Dan cobalah lihat apa kegiatan orang Finlandia dalam liburan musim panas. Mereka berlibur selama 5 minggu ke pondok di hutan. Apa yang mereka lakukan? Bisa dibilang yang utama adalah: tidak melakukan apapun. Mereka bersantai, dan mereka memaknainya secara harfiah.

Bagi orang Finlandia, yang paling berharga bukanlah uang, barang-barang berharga, kemewahan, ataupun prestige. Bagi mereka yang paling berharga adalah menikmati waktu dan kesunyian.

Finnish Moment, menikmati waktu sepenuhnya tanpa diganggu oleh hal-hal materiil yang tidak berarti. Bukankah ini yang kita perlukan di tengah dunia yang sedang roboh ditelan kerakusan akan harta?

Nikmatilah waktu anda. Karena hidup bagaikan uap, yang sebentar saja kelihatan kemudian lenyap. Apakah uang dan materi bisa menggantikan hal itu? Give yourself a pause for your own Finnish Moment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s