Maag

Kebanyakan orang sudah kenal dengan penyakit maag. Dalam istilah kedokteran, penyakit maag disebut gastritis atau peradangan lambung. Untuk gejala yang lebih ringan sering disebut dengan dyspepsia.

Asam Lambung Berlebihan

Terjadinya gastritis atau peradangan lambung, pada awalnya karena asam lambung yang berlebihan. Asam lambung yang semula membantu lambung malah merugikan lambung. Asam lambung akan merusak dinding lambung itu sendiri, karena sifat asam yang korosif (mengikis). Faktor yang memicu produksi asam lambung berlebihan, diantaranya beberapa zat kimia, seperti alcohol, umumnya obat penahan nyeri, asam cuka. Juga beberapa makanan dan minuman yang bersifat asam,, makanan dengan bumbu yang bersifat asam dan sebagainya. Makanan yang pedas serta bumbu yang merangsang, semisal jahe, merica, juga akan memicu produksi asam lambung.

Faktor psikis atau kejiwaan seseorang bisa pula meningkatkan produksi asam lambung. Selain itu penyakit maag juga bisa disebabkan insfeksi bakteri tertentu, misalnya helicobacter pylori yang merupakan bakteri normal dalam lambung, yang dalam kondisi tertentu bisa menjadi abnormal. Yang akhirnya merangsang asam lambung. Gastritis juga bisa disebabkan alergi terhadap makanan tertentu, misalnya ikan, coklat dan lain-lain.

Keluhan dan Gejala

Pada awalnya, seseorang yang terserang penyakit ini mengabaikannya saja, yaitu rasa perih dan kembung di ulu hati. Kemudian berlanjut dengan mual dan disertai muntah. Pada saat ini, penderita baru menyadari sakitnya. Keadaan ini berlanjut dengan berkurangnya nafsu makan. Bila hal ini terus dibiarkan, akan berakibat semakin parah dan akhirnya asam lambung akan membuat luka-luka (ulkus) yang dikenal dengan tukak lambung. Muntah pun bisa disertai darah. Keadaaan gastritis akut (mendadak) juga bisa terjadi pada anak-anak yang menelan zat-zat kimia korosif, misalnya asam dan basa kuat. Pada umumnya zat ini terdapat pada cairan kebersihan rumahtangga maupun pestisida. Kerusakan akibat zat ini tidak hanya di lambung, tetapi juga di bibir, rongga mulut dan tenggorokan.

Berikut terdapat beberapa tips untuk para penderita maag yang mungkin dapat membantu dalam mencegah munculnya, mengobati gejala hingga mencegah munculnya komplikasi yang ada :
1. Berusahalah untuk selalu makan teratur.
2. Sebaiknya sering makan makanan dalam porsi kecil untuk menghindari agar lambung tidak kosong.
3. Hindari makan makanan yang bersifat asam dan pedas karena dapat memproduksi gas dalam lambung dan dapat merangsang lambung.
4. Hindari minum minuman beralkohol, kopi dan sebaiknya jangan merokok.
5. Makan makanan tinggi serat seperti sayur dan buah-buahan untuk memperlancar saluran pencernaan.
6. Olahraga teratur untuk meningkatkan stamina dan memperbaiki kondisi fisik.
7. Hindari keadaan-keadaan yang dapat memacu asam lambung seperti stress, karena stress merupakan factor psikis yang dapat merangsang asam lambung.

Sedapat mungkin, hindari berbagai faktor pemicu maag. Namun, jika maag sudah terlanjur menyerang, cobalah beberapa cara ini:

-minum air hangat

-minum-minuman manis (jangan keterlaluan manis juga) seperti madu,  sebisa mungkin hangat. Minuman ini dapat membantu mengurangi kadar asam lambung.

-beristirahat, rileks, dan jangan berpikir yang berat-berat.

-untuk menanggulangi perih di saat-saat tidak di rumah, minumlah obat maag seperti Promag atau Mylanta. Tapi jangan terlalu sering. Obat-obat seperti itu dapat merusak hati manusia jika dikonsumsi secara sering.

-jangan segan pergi ke dokter. Di saat maag sudah berkepanjangan dan tidak sembuh, atau perih tidak tertahankan, segera pergi ke dokter. INGAT jangan anggap remeh penyakit ini.

Saya sendiri dulu termasuk orang yang meremehkan penyakit maag dan saya merasakan akibatnya. Kebiasaan saya makan terlambat sudah berlangsung bertahun-tahun dan begitu juga penyakit maag menjangkiti saya. Sekarang, penyakit maag saya ini sudah sulit disembuhkan dan kambuh sangat sering. Penyakit maag ini sangat menggangu, karena disaat saya bepergian, saya jadi merepotkan banyak orang karena penyakit maag saya yang parah ini. Jadi, saya anjurkan cegalah maag sebelum menjadi parah.

Sumber:

http://wanita.suaramerdeka.com/index.php?id=318

http://id.shvoong.com/medicine-and-health/1828711-langkah-mengatasi-maag-anda

http://safuan.wordpress.com/2007/10/10/solusi-penyakit-maag-tanpa-mengobati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s